Nama Kelompok6 :
- Fanny Octania Zuari (22211687)
- Mailany (24211255)
- Dewi Lestari (21211959)
Kelas : SMAK-05
TEORI EKONOMI 1
ANALISIS JURNAL
PB. AYU MULYA
Tema
Keunggulan kompetitif bagi suatu organisasi
Pengarang
- · Wang Wen Chen (2010)
- · Lin Chien Hung (2010)
- · Chu Ying Chien (2010)
Judul
Analisis Tipe Keunggulan Kompetitif
Latar Belakang
Penulis ingin menganalisa keunggulan kompetitif bagi sebuah
organisasi agar mampu bersaing pada pasar.
Metodologi
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian historis yaitu
metode yang lebih tergantung pada data yang telah diobservasi dengan
menggunakan sumber data sekunder. Data sekunder merupakan data yang sudah tersedia sehingga kita tinggal
mencari dan mengumpulkan data
tersebut.
Variabel
Dalam menganalisis
suatu keunggulan kompetitif organisasi, variabel yang diambil berupa organisasi
– organisasi sejenis yang bersaing dalam suatu pasar.
Masalah
- Apa yang dimaksud dengan keunggulan kompetitif?
Pembahasan
Dalam suatu persaingan
pada pasar, suatu organisasi harus mempunyai keunggulan kompetitif yaitu
kemampuan suatu organisasi untuk memberikan manfaat yang sama atau bahkan lebih
atas suatu produk dengan biaya produksi yang lebih rendah dibandingkan dengan
para pesaing lainnya.
Porter (1995)
menyatakan bahwa tenaga kerja dan sumber daya alam tidak terlalu diperlukan
bagi perekonomian yang baik, melainkan, keunggulan kompetitif ini dititik
beratkan pada kepuasan konsumen dalam menerima produk bernilai tinggi, namun
organisasi tersebut tetap mendapat keuntungan yang tinggi.
Barney (1991)
menyatakan bahwa keunggulan kompetitif terjadi ketika sumber daya alam berada
dalam keadaan langka dan bernilai diwaktu yang bersamaan, sulit diperbaharui dan
digantikan dengan sumber daya lain namun organisasi tersebut tetap mampu untuk
memproduksi barang yang mampu mengungguli kemampuan produk pesaingnya.
Hasil
dan Kesimpulan
Dalam menciptakan
keunggulan kompetitif antar pesaing pada pasar, sebuah organisasi dituntut
untuk selalu mengembangkan inovasi pada setiap barang yang mereka produksi.
Barang tersebut diproduksi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan memuaskan
konsumen. Disamping memuaskan konsumen, produksi tersebut diharapkan juga dapat
menciptakan keuntungan bagi produsen atau organisasi tersebut. Keunggulan
Kompetitif juga bergantung pada sumber daya yang baik dan memadai untuk
memproduksi barang tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar